Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport di Blender

Tutorial Cara Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport di Blender

Memindahkan kamera dan menavigasi viewport sangat penting untuk pemodelan 3D di Blender. Mari tunjukkan cara melakukannya.

Blender adalah program sumber terbuka dan gratis untuk pemodelan 3D, animasi 3D, tekstur, tali-temali, pencahayaan, dan bahkan ilustrasi dan animasi 2D dengan Pensil Gemuk. Salah satu dasar melibatkan menggerakkan kamera dan menavigasi viewport. Pada artikel ini, kami menyelami prosesnya.

Viewport – Cara Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport

Tutorial Blender: Cara Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport
image source makeuseof.com

Pertama-tama, ada objek kamera di Blender dan kemudian ada viewport. Apa yang Kalian lihat saat memulai Blender adalah viewport, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Alih-alih sebuah objek, ini hanyalah sebuah jendela di mana Kalian dapat melihat-lihat pemandangan yang berisi model 3D Kalian, dan dalam hal ini, kubus default ditampilkan.

Itu ada untuk membuat dan melihat model 3D, dan tidak ada hubungannya dengan rendering.

Kamera – Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport

Di sisi lain, kamera adalah objek yang bertanggung jawab atas rendering model Kalian. Itu membuat apa pun yang ditunjuknya. Namun, itu tidak semudah dipindahkan seperti viewport, jadi jika Kalian ingin belajar menavigasi model Kalian, Kalian harus belajar cara menavigasi viewport dengan benar.

Untuk merender gambar model 3D, Kalian perlu memposisikan kamera. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana Kalian dapat menggunakan kamera versus viewport.

Cara Menambahkan Kamera

Tutorial Blender: Cara Menambahkan Kamera
image source makeuseof.com

Perhatikan objek seperti piramida pada gambar di atas? Itu adalah objek kamera. Sama seperti kamera dunia nyata, objek ini menentukan lokasi dan perspektif dari mana Kalian akan merender adegan Kalian.

Ada panah yang menunjuk menjauh dari dasarnya, dan titik piramida adalah bagian belakang kamera. Basis adalah lensanya, dan panah menunjukkan tepi lensa mana yang merupakan tepi atas.

Untuk membuat kamera, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan Shift + A pada keyboard Kalian untuk membuka Add Menu.
  2. Gerakkan mouse Kalian dan arahkan kursor ke Kamera, lalu klik kiri.
  3. Dengan Kamera disorot, tekan tombol Enter .

Sekarang Kalian harus memiliki objek kamera baru dimana kursor 3D berada. Tekan 0 untuk beralih ke tampilan kamera. Untuk mengembalikan kursor 3D Kalian, tekan Shift + C. Kursor 3D muncul sebagai target dan menentukan dimana objek baru ditempatkan.

Kontrol Area Pandang – Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport

Tutorial Blender: Kontrol Area Pandang di Blender
image source makeuseof.com

Saat membuat model 3D, atau bahkan tugas yang lebih sederhana seperti merging dan rigging, Kalian sebaiknya menavigasi di sekitar model saat Kalian bekerja. Kalian harus tahu cara memperbesar, menggeser, dan mengorbit area pandang untuk mendapatkan tampilan terbaik. Mari tunjukkan cara melakukannya.

  • Untuk memperbesar lebih jauh atau lebih dekat ke tengah, cukup gunakan roda gulir pada mouse Kalian.
  • Untuk mengorbit, tahan tombol tengah mouse dan gerakkan kursor Kalian di sekitar area pandang. Tidak memiliki roda gulir? Cukup tekan Alt pada keyboard Kalian sambil menyeret tombol kiri mouse di sekitar viewport.
  • Untuk menggeser, tahan tombol Shift diikuti dengan tombol tengah mouse, lalu gerakkan mouse Kalian melintasi viewport. Sekali lagi, jika Kalian tidak memiliki roda gulir pada mouse Kalian, tekan Shift + Alt pada keyboard Kalian dan gerakkan tombol kiri mouse di sekitar viewport saat kursor Kalian berada di dalamnya.

Cara Mengontrol Kamera

Tutorial Blender Pemula: Cara Mengontrol Kamera
image source makeuseof.com

Kontrol langsung hanya berfungsi dengan objek kamera, jadi jangan coba menggunakannya untuk menavigasi area pandang. Meskipun bukan metode yang disukai untuk memindahkan kamera, ini masih sangat berguna.

Untuk memulai, lanjutkan dan pilih objek kamera Kalian dengan mengklik kiri baik di viewport atau di editor outliner. Sekarang Kalian dapat memutar atau menerjemahkannya. Menerjemahkan berarti Kalian dapat memperbesar, memutar, atau menggeser kamera. Mari kita lihat bagaimana melakukannya.

  • Untuk menggeser kamera, cukup tekan G pada keyboard Kalian, lalu gerakkan kursor mouse Kalian. Kalian juga dapat membatasinya untuk bergerak di sepanjang sumbu tertentu dengan menekan G dan kemudian diikuti oleh X, Y, atau Z. Ini mengaktifkan kunci sumbu. Pada contoh di atas, objek kamera bergerak sepanjang sumbu Z.
  • Untuk memutar, dengan objek kamera dipilih, tekan R dan gerakkan kursor mouse. Kalian dapat memutarnya searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam.
  • Gerakan ini lebih mudah dilakukan saat dalam tampilan kamera; untuk memasukkannya, cukup tekan 0. Ingin menyelaraskan kamera ke tampilan viewport saat ini? Tekan Ctrl + Alt + 0 pada papan angka.

Cara Menavigasi Tampilan Orang Pertama

Tutorial Blender Pemula: Cara Menavigasi Tampilan Orang Pertama
image source makeuseof.com

Terkadang, Kalian ingin menavigasi dengan kontrol orang pertama karena lebih disukai dalam beberapa skenario seperti model arsitektur. Navigasi jalan kaki atau navigasi terbang memungkinkan Kalian menavigasi di sekitar pemandangan di mana rotasi dilakukan dari lokasi kamera.

Untuk memulai dan melihat sendiri tindakan ini, tekan Shift + F, lalu untuk bergerak ke atas atau bawah tekan W atau S masing-masing. Pastikan untuk menahan tombol, karena satu penekanan tombol tidak menghasilkan apa-apa. Demikian juga, untuk bergerak ke kiri atau kanan, tekan dan tahan A atau D. masing-masingKemudian, untuk bergerak ke atas atau ke bawah sebagai orang pertama, tekan E untuk naik atau Q untuk turun.

Kalian mungkin menemukan bahwa kecepatannya tidak cukup cepat untuk Kalian. Untuk mengubah kecepatan, Kalian cukup menggunakan roda gulir pada mouse Kalian untuk mempercepat atau memperlambat gerakan. Setelah Kalian selesai, cukup tekan tombol Enter untuk keluar dari mode navigasi jalan kaki, dan sekarang tampilan saat ini akan disimpan apa adanya, sehingga Kalian dapat mulai bergerak menggunakan salah satu dari dua metode yang disebutkan di atas.

Memindahkannya di Blender

Tutorial Cara Memindahkan Kamera dan Menavigasi Viewport di Blender
image source cgdirector.com

Memindahkan kamera dan menavigasi viewport di Blender adalah tugas mendasar saat memodelkan dan merender model Kalian. Dalam ikhtisar ini, kami telah membahas secara mendalam tentang prosesnya.

Sekarang setelah kita melihat lebih dekat pada area pandang, objek kamera, serta cara menavigasi adegan Kalian di Blender dengan keduanya, Kalian siap untuk melanjutkan ke dasar-dasar berikutnya. Ada banyak tutorial untuk membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.